Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Cara Tepat dan Aman Konsumsi Asam Folat Untuk Program Hamil



Mendapati sudah hamil atau sedang merencanakan program kehamilan, asam folat untuk program hamil menjadi salah satu nutrisi penting untuk bisa dipenuhi. 

Sebab asam folat ini sendiri merupakan salah satu nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan janin, sekaligus membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janinnya itu sendiri. 

Namun yang tidak banyak orang tahu bahwa, konsumsi asam folat ini sebaiknya dilakukan dengan benar, dan juga dengan dosis yang tepat. 

Cara Konsumsi Asam Folat yang Tepat Bagi Ibu Hamil

Adapun berbagai cara yang bisa ibu hamil lakukan agar bisa mengkonsumsi asam folat untuk program hamil ini dengan benar, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Berkonsultasi dengan Dokter

Sebelum Anda memulai untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat ini, baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter Anda. 

Sebab mereka setidaknya akan memberikan panduan yang lebih tepat, dan juga dapat memberikan dosis yang dibutuhkan, dengan berdasarkan kondisi medis Anda.

  • Mengkonsumsi Makanan Asam Folat Alami

Ada berbagai jenis makanan asam folat alami, yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Adapun diantaranya seperti alpukat, jeruk, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Anda bisa mencampurkan berbagai bahan makanan tersebut ke dalam satu sajian makanan, agar bisa mendapatkan nutrisi yang lebih beragam. 

  • PIlih Suplemen Asam Folat yang Tepat

Selain makanan, asam folat juga bisa ibu hamil temukan dalam sebuah produk suplemen nutrisi dari Blackmores. 

Selain tinggi akan kandungan asam folatnya, sifat dari suplemen yang satu ini dapat mudah diserap oleh tubuh, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Hindari Konsumsi Asam Folat Berlebihan

Kelebihan asam folat dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kram perut, gangguan pencernaan dan lain sebagainya. Jadi penting untuk mengetahui dosis yang tepat untuk bisa ibu hamil konsumsi, sesuai dengan kebutuhannya. 

Dengan mengkonsumsi asam folat untuk program hamil dengan benar, merupakan salah satu langkah penting dalam mendukung kesehatan ibu hamil dan juga janinnya. 

Berkonsultasi dengan dokter dan memperhatikan pola makan yang tepat, dapat memastikan ibu hamil bisa merasakan manfaat maksimal dari asam folatnya itu sendiri. 

No comments:

Post a Comment