Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Oleh Oleh Garut Selain Dodol Dan Chocodot

oleh oleh garut, oleh oleh khas garut


Mendengar kata garut rasanya sangat tidak aneh lagi sejak tahun dua ribuan samapai sekarang, kota ini memang berkembang pesat dibandingkan dengan kota - kota di priayangan lainnya. Salah satu faktor yang menyebabkan garut menjadi terkenal adalah kebudayaan dan tempat wisata yang sangat menakjubkan, itu terbukti dengan makin banyaknya pengunjung yang datang ke kota garut setiap hari libur tiba. 

Destinasi wisata yang biasa dan banyak dikunjungi salah satunya adalah Darajat Pass, memang sangat masuk kalo destinasi wisata ini banyak dikunjungi setiap akhir pekan tiba. Berada di puncak paling tertinggi Darajat menjadikan tempat ini sangat dikagumi dan digemari oleh para wisatawan lokal maupun luar. Keunikan tersendiri dari tempat ini yaitu memiliki air yang sangat panas yang berasal dari gunung tersebut.

Selain Darajat Pass, ada beberapa tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk anda kunjungi ketka berkunjung ke daerah kota Garut. Bicara soal wista memang tidak akan ada habisnya, begitu juga dengan suatu yang bisa anda kemas untuk keluarga di rumah, atau yang sering kita sebut sebagai oleh oleh. 

Yaa, oleh oleh garut menjadi perbincangan yang sangat serius dikalangan para wisatawan, mengapa demikian? karena oleh oleh garut yang ditawarkan memang mengundang untuk kembali lagi berkunjung, mengapa bisa begitu? saya juga kurang tahu,,hhe.

Tapi satu hal yang perlu kita ketahui bersama bahwa oleh oleh garut memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan oleh oleh dari daerah lainnya. Bicara soal oleh oleh garut mungkin bagi segilintir orang mengetahuinya hanya dodol Piknik, Chocodot, Dorokdo (kerpuk kulit) dan makanan - makanan yang biasa di pajang di tempat oleh oleh Garut. 

oleh oleh garut


Akan tetapi jauh dari situ ada suatu makanan yang wajib anda ketahui sebagai makanan oleh oleh khas garut, makanan tersebut Opak Bungbulang. Opak Bungbulang memang belum begitu dikenal oleh sebagian besar masyarakat Garut, akan tetapi makanan ini wajib anda coba sebagai bekal untuk menemani wisata anda atau untuk dikemas sebagai oleh oleh bagi keluarga di rumah. 

Yang menjadi kekhasan dari Opak Bungbulang yaitu dari segi bahan yang digunakan dan cara memasaknya, dimana untuk bahan sendiri cukup sederhana yaitu dari beras ketan dan bumbu lainnya kemudian untuk proses masaknya dengan cara dibakar dengan arang bukan di goreng pake minyak. Ini menjadi keuntungan dan kelebihan tersendiri bagi anda yang mempunyai penyakit kolesterol, karena tidak memakai setetes minyak pun dalam pemasakannya.  

No comments:

Post a Comment