Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Makanan Penunjang Perkembangan Janin Tumbuh Sempurna

perkembangan janin dari minggu ke minggu


Perkembangan janin dari minggu ke minggu tentu sangat diharapkan berjalan dengan baik dan janin di dalam kandungan pun sehat, serta berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Berbagai macam perawatan dan penjagaan dari minggu ke minggu, bulan ke bulan hingga proses persalinan pun dilakukan agar bayi tumbuh dan berkembang secara sempurna. Termasuk soal makanan yang harus dikonsumsi, di mana makanan merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk janin tumbuh dan berkembang secara sempurna. Bahkan makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil pun sangat mempengaruhi kesehatan janin yang sedang dikandung, untuk itu anda harus benar – benar memperhatikan asupan nutrisi untuk bayi di dalam rahim demi perkembangannya yang sempurna setiap minggu.

Bagi anda yang sedang menjalani proses kehamilan, terdapat beberapa kandungan di dalam makanan sebagai penunjang perkembangan janin tumbuh dengan sempurna. Di mana makanan tersebut di antaranya.

1. Makanan yang Mengandung Folic Acid

Setiap usia masa kehamilan, terutama pada usia minggu – minggu pertama, para Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan makanan berupa gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan juga janin. Di mana cara pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dilakukan melalui konsumsi makanan yang mengandung 2 kali kandungan gizi lebih banyak dari sebelumnya. Salah satu yang dapat anda konsumsi adalah makanan yang mengandung folic acid seperti brokoli, kol, jagung, alpukat, wortel dan sereal gandum. Manfaat konsumsi kandungan tersebut dapat tetap menjaga perkembangan janin seperti membantu pertumbuhan tulang  belakangnya.

2. Cemilan Sehat

Yang harus diperhatikan saat anda sedang hamil muda atau pada minggu pertama hingga sekitar minggu ke 16, anda harus mengkonsumsi cemilan sehat namun tetap dengan porsi yang tidak berlebih. Karena terlalu berlebihan konsumsi cemilan malah akan menimbulkan beberapa gangguan, anda dapat konsumsi cemilan sehat seperti sereal, kentang, tahu dan lainnya sesuai kebutuhan.

3. Bayam

Sayur yang satu ini memiliki kandungan serat zat besi yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin dan berbagai jenis mineral serta asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin agar berkembang dengan sempurna.

Demikian beberapa makanan penunjang perkembangan janin dari minggu ke minggu, terutama anda harus mencukupinya pada minggu – minggu awal kehamilan, dan akan lebih baik lagi jika terpenuhi hingga minggu – minggu terakhir.