Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

4 Tips Aman Ajukan Pinjaman Online Melalui Fintech

pinjaman online
Pelayanan industri finansial saat ini mengalami perkembangan semenjak maraknya dunia internet. Bahkan layanan keuangan tidak hanya bisa dilakukan melalui bank saja, lembaga non-bank juga sudah mulai muncul ke permukaan yang kini dikenal dengan fintech. Melalui fintech kita semua dapat melakukan transaksi, salah satunya pinjaman online

Sayangnya, melakukan transaksi melalui fintech tidak sepenuhnya aman. Maka dari itu, demi keamanan data pribadi dan keuangan Anda mari simak tips aman bertransaksi online di bawah ini.

Pastikan Fintech Berijin

Salah satu staf OJK mengatakan bahwa hal yang paling utama saat mengajukan pinjaman online di fintech ialah memastikan bahwa aplikasinya sudah terdaftar di OJK. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mengeceknya melalui website OJK atau menghubungi 157. Aplikasi yang telah terdaftar di OJK sudah dipastikan legal dan aman.
pinjaman online
Memahami Syarat

Setiap aplikasi atau fintech tentu memiliki persyaratan tersendiri apabila Anda ingin mengajukan pinjaman online. Pahami semaksimal mungkin persyaratan tersebut hingga perhitungan bunganya agar Anda tidak merasa rugi ketika harus membayar angsuran per bulannya. Hal ini dikarenakan Anda telah mengerti. 

Memastikan Keberlangsungan Fintech

Meski sudah terdaftar di OJK, alangkah baiknya Anda memastikan keberlangsungan fintech tersebut. Mulai dari apakah perusahaan itu konsisten menjalankan usahanya dalam jangka waktu yang lumayan lama atau justru hanya beberapa bulan saja. Jika, perusahaan itu diketahui hanya berdiri sebentar saja, maka Anda harus lebih cermat atau mungkin tinggalkan saja.

Cermati Perbedaan Fintech Lending Legal dan Ilegal

Untuk fintech yang legal tentunya sudah diawasi OJK, identitas pengurus dan alamat kantor jelas, pemberian pinjaman di seleksi secara ketat dan transparan, total biaya pinjaman 0,05 – 0,8 persen per hari, penagihan maksimal 90 hari, akses hanya kamera, mikrofon, dan lokasi, dan masih banyak lagi. Sedangkan fintech ilegal tidak memiliki izin yang resmi dan semua poin yang ada pada fintech legal berkebalikan di fintech ilegal.

Nah, demikianlah beberapa tips aman ajukan pinjaman online melalui fintech. Mengamati dan memahami fintech merupakan hal yang paling utama sebelum Anda melakukan transaksi lebih lanjut. 

No comments:

Post a Comment