Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Cara Menggunakan Kalender Kesuburan

Image result for Kalender Kesuburan femometer

Cara Menggunakan Kalender Kesuburan. Kalender atau kalkulator ovulasi adalah alat daring yang berupaya memprediksi kapan Anda dapat mengalami ovulasi berdasarkan lamanya siklus menstruasi Anda. Mungkin Anda sedang mencari kalender ovulasi untuk membantu Anda mengatur waktu bercinta untuk kehamilan . Mungkin Anda menggunakan Clomid dan berharap kalkulator dapat memberi tahu Anda kapan Anda akan paling subur.

Kalender Kesuburan mungkin tidak selalu 100 persen akurat. Namun metode ini mendeteksi ovulasi jauh lebih baik.

Kalkulator ovulasi paling dasar akan menanyakan tanggal hari pertama haid terakhir Anda, dan panjang rata-rata siklus haid Anda. Jika Anda tidak tahu, sebagian besar kalender akan menyarankan Anda menulis dalam 28 hari. Ini dianggap rata-rata. (Siklus normal dapat berkisar dari 21 hingga 35 hari.)

Image result for Kalender Kesuburan femometer

Kemudian, kalkulator biasanya akan mengasumsikan  fase luteal selama 14 hari . Fase luteal adalah waktu antara ovulasi dan hari pertama haid Anda. Fase luteal normal dapat sesingkat 10 hari atau selama 15. Kalender ovulasi yang lebih baik akan menanyakan berapa lama fase luteal Anda. Jika Anda tahu (dari grafik suhu tubuh basal sebelumnya) berapa lama Anda, pastikan untuk memasukkan informasi itu.

Bagaimana Cara Menggunakan Kalender Kesuburan?

Selanjutnya, berdasarkan informasi ini, kalkulator ovulasi akan membuat perkiraan pada hari apa Anda paling mungkin subur dan mungkin hari Anda mengalami ovulasi. Jika, misalnya, Anda memberi tahu kalender ovulasi bahwa siklus rata-rata Anda adalah 35 hari, dan fase luteal rata-rata Anda adalah 15 hari, itu mungkin menampilkan hari-hari subur Anda sebagai hari 17, 18, 19, dan 20 dari siklus menstruasi Anda. (Ini menentukan hari ovulasi Anda dengan menghitung 15 hari mundur dari hari ke-35 siklus Anda.)

Tidak ada yang namanya kalender atau kalkulator ovulasi "akurat". Menurut definisi, mereka didasarkan pada rata-rata. Apa yang Anda inginkan dalam kalender ovulasi bukanlah tanggal yang akurat dan spesifik, tetapi rentang luas yang bagus. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang kalkulator yang memberi tahu Anda bahwa Anda terlalu cepat atau terlalu terlambat.

Jika Anda ingin kalender Kesuburan yang sedikit lebih akurat, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi kesuburan atau ovulasi pada ponsel cerdas Anda.

No comments:

Post a Comment