Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Sebab Kulit Kepala Gatal Pada Anak-Anak


Apakah anak anda mengalami kulit kepala gatal? Jika iya maka jangan sepelekan. Kulit kepala yang gatal bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. jangankan pada anak-anak, orang dewasa saja yang mengalami gatal pada kulit kepalanya akan terganggu, apa lagi pada anak-anak. apa lagi kulit kepala yang gatal bisa sebagai tanda dari adanya sesuatu pada kulit kepala, misalnya ada jamur, kutu, dan lain sebagainya yang harus diatasi. Maka wajar saja jika anak anda menjadi rewel atau sering menangis setelah kepalanya sering merasakan gatal karena memang kondisi ini cukup mengganggu.

Ada banyak sebab yang bisa membuat kulit kepala gatal pada anak, salah satunya adalah karena adanya kutu di kulit kepala. Kutu adalah hewan parasit yang berada di kulit kepala. Kutu ini akan memakan darah yang ada di kulit kepala. Bisa anda bayangkan bagaimana rasanya jika darah yang ada di kulit kepala itu termakan oleh kutu, pasti akan membuat rasa gatal. Ditambah lagi dengan adanya air liur yang dihasilkan oleh kutu tersebut. Air liur itu akan membuat alergi pada kulit kepala sehingga bisa membuat rasa gatal tersebut makin terasa. Apa lagi untuk anak-anak yang kulitnya masih tipis tentu saja rasa gatal itu akan begitu terasa. Penyebab lainnya yang bisa membuat kulit kepala menjadi gatal adalah karena kebersihan rambut yang kurang terjaga. Kulit kepala yang kotor dan jarang dibersihkan bisa membuat adanya bakteri-bakteri yang muncul pada kulit kepala ssehingga membuat rasa gatal pada kulit kepala.

Setelah mengetahui berbagai penyebab kulit kepala gatal pada anak maka sudah seharusnya kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan anak kita. Awasi tempat-tempat bermainnya agar tidak membuat rambutnya kotor. Tapi jiga rambut anak anda sampai kotor maka anda bisa segera memberinya shampo. Mungkin jika kulit kepala yang gatal adalah orang dewasa anda bisa memberikan Clear sebagai shampo tapi jika hal itu terjadi pada anak-anak maka sebaiknya konsultasikan lebih dulu kepada dokter. Ini untuk menjaga kesehatan kulit kepala anak anda.