MENERAPKAN DISIPLIN WAKTU PADA SI KECIL


Anak pada usia balita (di bawah lima tahun) terkadang membuat bunda menjadi super sibuk dalam merawat dan mendidiknya. Diperlukan perhatian yang ektra dalam memaksimalkan cara mendidik anak usia 3 tahun ini.

Terkadang, seorang ibu akan merasa lelah dengan tingkah laku si kecil yang dianggap hyper aktif dan dianggap bandel. Namun, tahukah bunda bahwa membentuk dan memaksakan kehendak pada anak itu adalah hal yang salah jika terus dilakukan pada buah hati kita?

Ada beberapa cara mendidik anak usia 3 tahun yang dapat anda terapkan pada si kecil untuk membentuk kedisiplinan pada dirinya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Atur jadwal anak bunda mulai dari pagi hari hingga malam hari sampai ia tertidur. Tidak perlu memaksakan kehendak bunda agar si kecil mau menuruti semua perintah bunda. Namun, mulailah untuk mengajarkan disiplin waktu baik untuk belajar, bermain, waktu untuk mandi, menonton televisi dan sebagainya dengan cara halus sehingga buah hati anda mengerti dengan apa yang harus ia kerjakan di setiap harinya.
  • Jangan biarkan anak anda terlalu banyak bermain, dan melewatkan waktu belajarnya meskipun dalam satu hari saja. Karena hal itu bisa mengubah pola fikirnya yang sudah mulai bisa mengatur jadwalnya dengan baik menjadi mengabaikan sebuah kewajibannya. Tetap luangkan waktu untuk anak anda supaya bisa belajar walaupun hanya sedikit. Anda juga bisa mengajaknya bermain sambil belajar jika anak anda lebih menyukai cara ini.
  • Menghukum saat anak melakukan kesalahan. Menghukum si kecil saat berbuat salah merupakan salah satu cara mendidik anak usia 3 tahun ke atas dalam membentuk kedisiplinannya. Dengan memberi hukuman, maka anak akan lebih mengerti dengan apa yang benar dan apa yang salah. Dengan catatan, hukuman yang diberikan orang tua itu masih wajar dan harus tetap mendidik, serta tidak membahayakan fisik dan tumbuh kembang otak anak.
  • Mencontohkan pada anak untuk mewujudkan disipiln waktu dalam setiap harinya. Hal ini merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi sikap, sifat, tindakan dan perkataan si kecil. Ayah dan bunda, harus senantiasa melakukan segala hal yang merupakan kedisiplinan didalam rumah, sehingga si kecil bisa mencontoh perbuatan baik kedua orang tuanya selama ada didalam rumah dan dapat ia terapkan hingga dewasa kelak.

Jangan lupa bantu tumbuh kembang otak dan fisik buah hati anda dengan memberikannya makanan empat sehat lima sempurna dan tambahan nutrisi penting seperti mineral, vitamin, minyak ikan, dan kandungan gizi lainnya seperti halnya terdapat pada varian susu dancow.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES