Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

LAPORAN MANIPULASI BIT DAN LOGIKA



MANIPULASI BIT DAN LOGIKA

A.    Fungsi

1.      Gerbang NOT
Operator NOT akan meninvers nilai A (0|1) dan (A) (1|0). Operasi NOT di dalam aseembler digunakan dengan syntax, NOT Tujuan, Sumber. Hasil dari operasi not ini akan disimpan pada tujuan, sebgai contoh, intuksi NOT AL, 3Ph akan menghasilkan nilai COh bagi AL.
2.      Gerbang AND
Operator AND akan menghasilkan nilainol bila salah satu operasinya bernilai nol. Dan hanya akan bernilai satu kedua operandnnya bernilai satu. Operasi AND dalam assembler digunakan dengan syntax : AND Tujuan, Sumber. Hasil dari operasi AND ini akan disimpan pada Tujuan, sebagai contoh :
o   MOV AL, 3fh
o   MOV BL, 1Ah
o   AND AL, BL
Perintah diatas akan menghasilkan nilai 1A bagi register Al. Setiap bit yang di AND dengan 0 pasti menghasilkan bit 0 juga, sedangkan setiap bit yang di AND dengan 1 akan menghasilkan bit itu sendiri.
3.      Gerbang OR
Operator logic OR akan menghasilkan nilai nol bbila kedua operandnya bernilai nol dan satu bila salah satunya bernilai satu. Operasi OR dalam assembler, digunakan dengan syntax OR Tujuan, Sumber. Hasil dari operasi OR ini akan disimpan pada Tujuan, sebagai contoh  :
Intruksi :
o   MOV AL, 3fh
o   MOV BL, 1Ah
o   OR AL, BL
Hasil operasi OR diatas akan menghasilkan nilai 3f bagi register AL. Setiap bit yang di OR dengan 0 pasti menghasilkan bit itu sendiri, sedangkan setiap bit yang di OR dengan 1 pasti menghasilkan bit 1.
4.      Gerbang XOR
Operator XOR akan menghasilkan nol untuk dua nnilai yang sama nilainya dan satu untuk yang berbeda. Operasi XOR di dalam assembler, digunakan dengan syntax XOR Tujuan, sebagai contoh intruksi :
o   MOV AX, 0A12h
o   XOR AX, AX
Hasil operasi XOR diatas pasti akan menghasilkan nilai 0 bagi register AX. Setiap bilangan yang di XOR dengan bilangan yang sama pasti menghasilkan bilangan 0.
B.     Hasil Debug (Screenshot)


Input MOV AX,0A12h | XOR AX,AX





No comments:

Post a Comment