Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Kue Tradisional Indonesia: Resep Kue Jeje Bendu Khas Bali

Kue Tradisional Indonesia: Resep Kue Jeje Bendu Khas Bali
Kue Tradisional Indonesia
Berlibur ke Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang digemari banyak orang, tak hanya turis lokal saja, turis mancanegara pun berdatangan ke Bali hanya untuk berlibur di pantai dan menikmati pemandangan indahnya. 

Di Bali tidak hanya keindahan pantainya saja yang terkenal, makanan khasnya pun tak diragukan lagi. Salah satu Kue Tradisional Indonesia yang ada di bali yaitu Jeje Bendu khas Bali, yang mana kue ini rasanya legit dan enak. Anda bisa mencoba untuk membuatnya di rumah atau bisa beli di Bali ketika berlibur disana. 
Kue Tradisional Indonesia: Resep Kue Jeje Bendu Khas Bali
Kue Tradisional Indonesia
Namun, jika Anda ingin membuatnya, berikut ini bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue jeje Bendu khas Bali:
  • 750 gram tepung ketan
  • 185 ml air kembang sepatu
  • Untuk bahan isiannya,
  • 1 ½ buah kelapa, kemudian di partu
  • 100 gram gula merah
  • ½ sdt garam
Cara membuat kue Jeje Bendu khas Bali yang mudah sekali:
  1. Siapkan wadah, kemudian larutkan tepung ketang bersamaan dengan air kembang sepatu sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni dan adonan berubah menjadi icin.
  2. Setelah itu, panaskan wajan berbentuk bulat, buat lembaran dadar di wajan tersebut. Sisihkan.
Membuat bahan isian:
  1. Siapkan panci, lelehkan gula merah, tambahkan kelap parut, tambahkan sedikit garam, aduk dan sampai bahan tercampur merata. Kurang lebih seperti membuat until kelapa untuk isian kue bugis.
  2. Setelah itu, letakan 1 lembar kulit dadar diatas piring, letakan adonan diatasnya, kemudian gulung hingga rapih dan tertutup semuanya.
Itulah cara mudah membuat Kue Tradisional Indonesia khas Bali yang bisa Anda buat sendiri d rumah. Memang dari bahan dan cara pembuatannya seperti membuat dadarh gulung, meskipun begitu kue ini cukup terkeal di pasa tradisionl Bali yang menjajakan makanan-makanan dan aneka kue tradisional. Untuk itu, lestarikan kuliner khas Indonesia untuk menjadi bagian dari warisan kuliner yang ada di setiap daerah di Indonesa.

No comments:

Post a Comment