Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Kenali Tahapan Perkembangan Kognitif Anak

perkembangan anak usia dini

Masa kanak-kanak merupakan paling penting dalam tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pada masa ini, anak akan belajar berbagai keahlian yang berguna ketika mereka telah tumbuh dewasa. Sebagai orang tua, Mam perlu memperhatikan proses perkembangan anak usia dini, salah satunya yaitu perkembangan kognitif.

Kemampuan kognitif sendiri mengacu pada kemampuan anak untuk memahami hal-hal tertentu. Pada umumnya, anak memiliki empat tahapan perkembangan kognitif di usia dini, diantaranya yaitu:

Tahap Sensorimotor

Tahap ini terjadi ketika anak berusia 0-2 tahun. Pada tahapan awal ini, si Kecil masih belum mampu mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan sehingga dianggap egosentris. Ketika usia sudah menginjak 18 bulan, si Kecil mulai mampu melihat mana orang asing dan orang terdekat.

perkembangan anak usia dini

Tahap Praoperasional

Tahapan praoperasional ini terjadi saat si Kecil berusia 2-7 tahun. Pada masa ini, mereka akan menerima rangsangan meski terbatas. Disamping itu, si Kecil masih termasuk egosentris karena belum mampu mempertimbangkan dari sudut pandang yang lebih luas. Namun mereka sudah bisa mengklasifikasikan objek berdasarkan satu ciri, misalkan mengumpulkan bentuk yang sama atau warna yang sama.

Tahap Operasional Konkret

Tahap operasional konkret yang terjadi saat si Kecil berusia 7-11 tahun ini membuat mereka mampu melakukan pengurutan maupun klasifikasi objek. Kemampuan berpikir logis serta kemampuan mengingat juga meningkat. Di saat ini, mereka sudah bisa melihat masalah dari sudut pandang orang lain.

Tahap Operasional Formal

Tahap operasional formal dimulai ketika umur 11 tahun ke atas. Mereka akan mampu menguasai penalaran dan berpikir secara abstrak. Dia bahkan juga mampu menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang ada. Kemampuan ini penting untuk melewati peralihan dari remaja ke dewasa.

Itulah tahapan perkembangan kognitif si Kecil yang perlu Mam ketahui. Dengan mengetahui tahapan perkembangan anak usia dini, maka Mam bisa memberikan stimulasi dan nutrisi terbaik untuknya. Stimulasi pada anak usia dini bisa diberikan dalam bentuk aktivitas atau permainan. Sedangkan nutrisi dalam bentuk makanan, serta dilengkapi dengan susu pertumbuhan.

Wyeth Nutrition menghadirkan produk susu pertumbuhan melalui varian S-26 GOLD yang terdiri dari S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD. Susu S-26 Procal GOLD untuk usia 1-3 tahun, sedangkan S-26 Promise GOLD untuk usia 3 tahun ke atas. Penasaran dengan informasi lengkapnya? Langsung saja kunjungi www.wyethnutrition.co.id.

No comments:

Post a Comment