Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Permainan Anak Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus


Seiring bertambahnya usia anak, permainan yang dimainkan oleh anak pun akan berbeda-beda dis etiap tahapan usianya. Sehingga anak harus diperkenalkan dengan jenis permainan yang dapat mengasah kemampuan motorik halusnya. 

Keterampilan motorik halus yaitu keterampilan yang memerlukan gerak tubuh, tangan, jari, seperti meremas, menulis, merobek, melempar ataupun menggunting. Kalau hal ini dlakukan pada saat usia anak dibawah 5 tahun, maka kemampuan motorik anak akan terlatih dengan baik. Contoh Permainan Anak yang dapat mengasah kemampuan motoriknya adalah sebagai berikut:
  1. Menyusun balok kayu atau bermain lego, permainan ini dapat mengasah atau melatih kreativitas anak, kecerdasan dan juga konsentrasi, kemampuan tangannya dalam menyusun dan juga merangkai balok kayu atau lego mengandaplkan kemampuan dalam berpikirnya untuk berimajinasi serta mengeksplore kemampuannya.
  2. Melipat kertas atau membuat origami, aktivitas ini dapat melatih stimulasi anak serta motorik halusnya, melipat kertas, membentuk sesuatu dari kertas dan menjadikannya sebuah karya seni dapat menjadikan anak leih kreatif dalam melakukan suatu perbuatan. Origami ini harus diperkenalkan kepada anak di usia 3 tahun.
  3. Bermain congklak, permainan ini juga dapat melatih perkembangan motorik halus anak, karena permanan ini mengandalkan kecepatan jari jemari anak menggenggam biji-biji congklak dan memasukannya pada setiap lubang congklal, manfaatnya adalah untuk melatih anak agar cepat dalam menulis.
  4. Bermain kelereng, bagi anak laki-laki melempar dan menyentil kelereng dapat melatih kemampuan motorik halus anak, selain itu juga dapat melatih kemampuan konsentrasi anak, kemampuan visual, dan juga melatih strategi.
  5. Bermain pasir, permainan ini juga dapat melatih motorik halus anak, permainan ini menuntut anak untuk membentuk atau mencetak pasir menjadi sebuah bangunan atau membentuk sesuai keinginannya, dengan menggunakan cetakan pasir ini anak dapat berkreasi dan berkreativitas sesuai kemampuannya.

Dan itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari Permainan Anak untuk melatih motorik halusnya sehingga sangat bermanfaat sekali untuk mengembangkan minat serta bakat anak di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment