Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Tips Mencuci Muka yang Baik dan Benar

cara merawat wajah
Bagi Anda yang menginginkan kulit cantik dan sehat, mencuci muka tentu sudah menjadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap harinya. Adapun mencuci muka merupakan salah satu cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat, kulit kusam, dan lain sebagainya. Namun, mencuci muka juga tidak baik jika dilakukan terlalu sering. Berikut ini beberapa cara mencuci muka yang baik dan benar, diantaranya:

Bersihkan Make-Up

Tahukah Anda, bahwa tidak semua sabun cuci muka bisa mengangkat sisa makeup. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk membersihkan makeup dahulu sebelum mencuci muka. Cara merawat wajah yang baik dan benar memang biasa dimulai dengan membersihkan muka terlebih dahulu.

Cuci Tangan

Sebelum membersihkan muka, ada baiknya Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Walaupun akan terkena air dan sabun saat mencuci muka, namun kotoran yang menempel pada tangan cenderung akan tercampur dengan sabun yang akan diusapkan ke wajah nantinya.
cara merawat wajah
Gunakan Air Hangat

Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuh muka saat proses pencucian muka, hal ini karena air dingin tidak bisa membuka pori-pori. Apabila pori-pori masih tertutup, maka sabun tidak dapat  membersihkan hingga ke bagian dalam. Pastikan untuk menghindari penggunaan air terlalu panas agar tidak merusak kulit. 

Sabun Muka Sesuai Jenis Kulit

Sebelum Anda membeli produk sabun cuci muka, ada baiknya untuk memastikan kandungan yang tertera di kemasannya guna mengetahui seluruh fiturnya. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa mengetahui apakah sabun tersebut sesuai dengan kondisi kulit Anda atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari salah membeli produk sabun, sehingga tidak merasa rugi atau pun menyesal.

Bilas Hingga Bersih

Saat mencuci muka, Anda perlu memastikan sabun yang tertempel di wajah sudah di bilas hingga bersih dengan air dingin, hal ini bertujuan supaya pori-pori tertutup kembali. Anda perlu memahami cara merawat wajah satu ini, yaitu di awal Anda perlu membasuh muka dengan air hangat guna membuka pori-pori dan membasuhnya kembali dengan air dingin guna menutup pori-pori tersebut kembali.

Keringkan dengan Menggunakan Handuk Bersih

Setelah membasuh muka dengan air dingin, Anda bisa mengeringkan wajah yang basah dengan handuk bersih. Usahakan untuk menghindari penggunaan handuk berkali-kali karena kotoran dan bakteri dapat tertumpuk di handuk yang sudah Anda pakai sebelumnya.

No comments:

Post a Comment