Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu 2 Menurut Hitungan Kalender

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Suatu proses yang tentunya menjadi kebanggaan keluarga adalah mempunyai anak. namun, prose untuk mempunyai anak tersebut tentunya harus melewati masa kehamilan, atau kandungan. Untuk itu, penting mengetahui berapa minggu usia kehamilan anda. Oleh karena itu, banyak ibu yang susah menghitung usia kehamilan, karena di masyarakat kita pada umumnya menentukan usia kehamilan selalu dihitung melalui bulan, padahal dokter ahli menyarankan agar menghitung usia kehamilan harus dihitung dengan usia kandungan perminggu.

Artinya dengan menghitung usia kehamilan menggunakan minggu akan lebih mudah mengenal perkembangan si janin dalam kandungan. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 2 misalnya yang ditentukan menurut perhitungan kalender adalah sebagai berikut. .

Cara ini adalah suatu langkah sebagai cara menghitung usia kehamilan yang paling klasik dan sudah sangat umum digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan metode ini, syaratnya adalah Anda harus tahu terlebih dahulu tentang siklus haid Anda. Hal ini dikarenakan hitungan kalender akan menggunakan HPHT atau hari pertama haid terakhir dalam rumus penghitungannya. Setelah itu tanggal HPHT akan dihitung dengan rumus yang dikenal dengan nama Naegele.

Oleh karena itu, tanda – tanda awal kehamilan akan muncul ketika usia kandungan anda baru 2 minggu, hal ini bisa dimulai atau dihitung sejak hari terakhir haid anda selanjutnya cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan Naegele adalah ditentukan dengan HPHT yang ditambah 7, kemudian bulan haid – 3, serta pada tahun ditambah angka 1.

Rumus ini tentunya sangat sederhana, akan tetapi rumus Naegele ini biasanya lebih sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur, yaitu setiap 28 hari atau 30 hari. Oleh karena itu, jika awal kehamilan anda sudah mengalami telat haid selama satu bulan maka usia kandungan anda berusia 2 minggu.

Itulah cara menghitung usia kehamilan dalam minggu 2 yang bisa anda tinjau melalui perhitungan kalender atau sejak hari terakhir haid. Bersama dunia mami, jaga terus dan tingkatkan kesehatan kehamilan anda untuk perkembangan kehamilan yang lebih mudah.

No comments:

Post a Comment