Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Meningkatkan Produktivitas Dengan Tidur Siang


Setelah melakukan aktivitas seharian, pastinya tubuh akan merasakan sedikit lelah. Bahkan jika telah melakukan aktivitas yang sangat berat maka bukan tidak mungkin jika tubuh akan merasakan lelah yang sangat berat. Maka dari itu setelah beraktivitas seharian kita dianjurkan untuk melakukan tidur siang selama beberapa menit. Tidur siang ini dimaksudkan supaya tubuh bisa diberikan waktu untuk beristirahat dan memberikan kesempatan kepada tubuh untuk mempersiapkan ulang energy untuk kemudian beraktivitas kembali. Ada banyak sekali manfaat tidur siang yang dapat dirasakan. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas.

Bagi seorang yang bekerja, maka tidur siang itu sangat dianjurkan, kenapa? Karena setelah tidur siang maka tubuh akan berada dalam kondisi yang fit dan bugar, serta energy yang terisi penuh. Maka memungkinkan sekali jika setelah bangun tidur siang kesiapan mental dan fikiran serta tenaga untuk melanjutkan pekerjaan itu sangat semangat. Maka dari itu produktivitas kinerja akan semakin meningkat. Berbeda dengan orang yang memaksakan dirinya untuk terus bekerja. Padahal di siang hari itu tubuh pasti sedang dalam berada titik puncak kelelahan. Jika diteruskan atau dipaksakan bekerja biasanya akan menjadi mengantuk dan tidak focus bekerja. Maka dari itu dari pada dipaksakan lebih baik berhenti dan tidur siang sejenak selama jam istirahat, baru setelah itu bisa dilanjutkan untuk bekerja kembali. Di Jepang misalnya sudah disediakan waktu bagi pelajar dan pekerja untuk beristirahat di siang hari. Artinya ketika jam tidur siang maka pelajar atau karyawan diperbolehkan untuk tidur.

Sayangnya di Indonesia sendiri perlakuan seperti ini terhadap pekerja ataupun pelajar belum diterapkan, padahal jika diterapkan ada banyak sekali manfaat tidur siang yang dapat mempengaruhi tingkat kinerja maupun tingkat konsentrasi seseorang. Baiknya tidur siang dilakukan tidak lebih dair satu jam. Karena jika terlalu banyak memakan waktu untuk tidur siang juga sangat tidak bagus bagi metabolism tubuh, dan rawan menyebabkan kegemukan. selain itu juga tidur siang yang terlalu lama justru malah meningkatkan rasa malas. Jadi untuk menjaga semangat tidur sianglah 15 -30 menit.