Mendidik Anak Agar Pintar dan Cerdas


Semua orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bahwa dirinya lah yang sangat berperan penting untuk membangun kecerdasan anak, orang tua adalah salah satu faktor penting yang berada di belakang layar untuk membangun anak yang cerdas, berikut adalah peranan orangtua yang harus diketahui agar anak cerdas :

  • Beri asi
Membangun kecerdasan anak harus dimulai sedini mungkin, sudah tidak dipungkiri lagi ASI adalah asupan nutrisi yang paling baik dari susu manapun, asi mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang tidak dimiliki oleh susu, kandungan gizi ASI mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kecerdasan otak bayi.

  • Membacakan cerita
Kegiatan ini mungkin tidak banyak orang tua yang menerapkannya kepada anak, padahal dengan membacakan cerita secara terus menerus akan merangsang kecerdasan otak anak sehingga mempunyai daya ingat yang baik, selain itu membacakan cerita dapat menambah pembendaharaan dan kemampuan dalam kosakata yang dapat mengembangkan keterampilannya dalam berbahasa.

  • Mainan yang edukatif
Dewasa ini banyak sekali mainan anak yang sama sekali tidak berpengaruh terhadap kecerdasan anak, jangan belikan mainan yang asal-asalan, berikan anak mainan yang edukatif seperti puzzle berwarna, atau mainan lainnya yang menuntut anak berpikir untuk menyelesaikannya.

  • Tidur lebih awal dan konsisten
Anak yang kurang tidur akan kesulitan untuk fokus pada pelajaran disekolah, imbasnya anak tersebut kurang sekali dalam menangkap pelajaran disekolah sehingga membangun kecerdasan anak tidak akan berhasil jika kejadian ini tidak ditanggulangi dengan baik oleh orangtua, ajarkan anak untuk tidur lebih awal dengan konsisten dan juga waktu bangun tidur untuk anak.

  • Jaga kesehatan
Berikan anak makanan yang sehat dan giji yang terpenuhi agar tumbuh kembang anak selaras dengan kecerdasannya, ajarkan anak untuk berolahraga sejak dini, jika anak menolak anda bisa mensiasatinya dengan mengajak nak bermain permainan yang memerlukan pergerakan fisik, dengan begitu anak tidak akan mengira bahwa dia sedang berolahraga melainkan bermain dengan penuh semangat bersama orangtuanya.

Demikian penjelasan cara mendidik agar anak cerdas, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda dan anak cerdas anda.


Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES