Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Universitas Indonesia Dan Kerjasama Internasional


Universitas Indonesia Dan Kerjasama Internasional
Pendidikan yang mengglobal menuntut kerjasama multi dimensi untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berkelas internasional. Mensitat apa yang ditulis dalam laman UI yang mennyatakan tentang upaya mencapai visi-misi UI sebagai “World Class University” serta melihat fenomena yang terjadi pada industri komunikasi, serta semakin tingginya tuntutan globalisasi baik di dalam maupun luar negeri, termotivasi untuk membangkitkan pendidikan berbasis internasional dengan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas dengan daya saing global. Visi misi menjadi universitas bertaraf dunia tentunya memerlukan kerjasama dengan dunia internasional maka kerjasama dengan international university mutlak dilakukan. 

Bermitra dengan universitas kenamaan dari berbagai negara atau international university lainnya baik negara tetangga seperti Singapura,Malaysia, Australia hingga kerjasama dengan universitas di Jerman, Belanda dan Inggris, menjadi jalan terwujudnya universitas kelas dunia. Adapun program yang dijalankan dengan program dual degree adalah sebagai berikut;

Fakultas kedokteran, bekerjasama dengan Monash University ,University of Melbourne (Australia) University of Newcastle upon Tyne (Inggris), masa studi: 6 tahun ( 5 tahun di UI, 1 tahun di universitas mitra).

Fakultas Teknik, Bekerjasama dengan Queensland University of Technology (QUT, Curtin University, Australia &Sarawak, The University of Sydney, University of Duisburg-Essen, (Jerman)Teknik Metalurgi dan MaterialMonash University. Masa studi 3.5-4 tahun:2 tahun di FTUI dan 2 tahun di universitas mitra, 2 tahun di FTUI dan 1.5 tahun di universitas mitra (Curtin University – Arsitektur), 3 tahun di FTUI dan 1 tahun di universitas mitra (University of Duisburg-Essen, Jerman),Durasi maksimum dari program ini adalah 12 semester (6 tahun).

Ilmu Komputer, bekerjasama dengan The School of Information Technology and Electrical Engineering, University of Queensland (ITEE UQ) (Australia)Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) (Australia), masa studi 8 semester (Semester 1-5 di UI, semester 6-8 di universitas mitra)
Fakultas psikologi, bekerjasama dengan University of Queensland (Australia), masa studi 4 tahun (2 tahun di UI, 2 tahun di universitas mitra).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bekerjasama dengan University of Queensland ,Curtin University,Deakin University (Australia). Masa studi 3,5 – 4 tahun (2 tahun di UI dan 1,5-2 tahun diUniversitas Mitra).

Program dengan international university ini tentunya berbeda dengan yang reguler, biaya dan persyaratan lainnya juga khusus lebih lengkapnya kunjungi:
Gedung Rektorat (PAU) Lt. 1, Universitas Indonesia
Kampus Depok
Depok, Jawa Barat, 16424, INDONESIA
Ph: (62-21) 78880139, 786 7222 ext.100520
Fax: (62-21) 7888 0139, 727 0017
Email: io-ui@ui.ac.id
URL: http://international.ui.ac.id

No comments:

Post a Comment