Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Kriteria Obat Ruam Popok Pada Bayi yang Bisa Anda Pilih



Ruam popok merupakan kondisi yang biasa terjadi pada bayi yang memakai popok secara intens. Akibat bersentuhan dengan urin dan feses terlalu lama, kulit menjadi kemerahan dan bersisik. Anda bisa memberikan obat ruam popok pada bayi dan melakukan perawatan dengan tepat. Dalam waktu 3-4 hari, biasanya ruam akan mulai mereda dan tidak kemerahan lagi. Lantas, obat yang seperti apa yang bisa dipilih? Berikut kriterianya:

1. Mengandung Petroleum Jelly atau Seng Oksida

Obat ruam popok biasanya berbentuk krim. Kandungan yang sebaiknya ada di obat tersebut ada dua yaitu petroleum jelly dan seng oksida. Petroleum jelly sendiri merupakan campuran minyak mineral dan waz. Memiliki sifat menghalangi dan melindungi kulit dari paparan kotoran penyebab iritasi.

Sementara seng oksida atau zinc oxide membantu mengatasi iritasi karena terjadinya ruam popok. Seng oksida mampu membentuk lapisan perlindungan sehingga tidak ada gesekan yang menyebabkan luka semakin parah. Selain itu, seng oksida juga bisa mengatasi peradangan ringan.

2. Hindari Kandungan Parfum, Mineral Oil, dan Alkohol

Ada tiga kandungan yang harus dihindari saat memilih obat ruam popok. Ketiga kandungan tersebut yaitu parfum yang memicu reaksi alergi, mineral oil yang dapat menyumbat pori-pori, dan terakhir adalah alkohol yang membuat kulit kering dan iritasi.

3. Memiliki Tekstur yang Ringan

Ruam popok membuat kulit bayi panas dan gatal. Oleh sebab itu, pastikan mencari obat dengan tekstur yang ringan dan nyaman. Tekstur yang berat dan tebal membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. 

4. Hypoallergenic

Kulit bayi yang sensitif harus memakai produk dengan label hypoallergenic. Jika ada label tersebut, maka artinya bahan-bahan yang dipakai tidak memicu reaksi alergi. Pasalnya alergi pada bayi berkulit sensitif akan memperparah kondisi ruamnya.

Nah, itulah kriteria obat ruam popok pada bayi yang bisa Anda jadikan pilihan. Selain mengobati dengan obat ruam popok, Anda juga harus memakai popok anti ruam yang aman untuk Si Kecil. Pilihan terbaik adalah MAKUKU SAP Diapers. 

Fitur dan teknologi yang dipakai bisa membantu mengatasi ruam. Beberapa kelebihannya yaitu struktur 3D, anti osmosis balik, permukaan rongga udara, menyerap cepat, dan masih banyak yang lainnya. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers sekarang juga untuk Si Kecil!

No comments:

Post a Comment