Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak

tahap perkembangan anak

Sebagai orang tua yang baik, sudah sepatutnya memberikan perhatian lebih terhadap anaknya. Terutama dalam hal memastikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya berjalan dengan baik. Dalam mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik, Orang tua perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan jumlah yang cukup agar tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Karena nutrisi mempunyai peranan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Nutrisi merupakan asupan utama bagi tubuh seseorang sebagai pembentuk energi penting. Oleh karena itu, nutrisi memiliki fungsi yang beragam bagi tubuh manusia apalagi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa fungsi dari nutrisi diantaranya:

  • Nutrisi untuk perlindungan

Sel imun tubuh terdapat pada saluran cerna. Saluran cerna yang sehat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Biasanya didominasi oleh bakteri yang baik dalam membantu lancarnya pencernaan, penyerapan zat gizi dari makanan serta mengurangi pertumbuhan bakteri patogen.

  • Nutrisi untuk perkembangan otak

Otak memiliki peranan yang sangat penting sebagai pusat kecerdasan. Agar otak dapat berkembang optimal dibutuhkan nutrisi yang tepat, seperti:
         -omega 3 (asam Linolenat) dan omega 6 (Linoleat). Sumbernya diperoleh dari, ASI, makanan laut dan produk susu.
         -minyak ikan sebagai sumber DHA. DHA penting untuk perkembangan saraf di otak, terutama untuk pembentukan jaringan lemak otak (mielinisasi) dan interkoneksi antarsaraf di otak.

  • Nutrisi untuk pertumbuhan

Untuk pertumbuhan yang optimal dibutuhkan nutrisi makro, yaitu karbohidrat, protein, lemak dan nutrisi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Ada dua nutrisi penting untuk pertumbuhan tahap perkembangan anak, yakni protein dan kalsium. Sumber protein diperoleh dari hewani dan nabati, seperti daging, ayam, ikan, telur, susu, keju, tempe tahu dan makanan lain yang mengandung kacang-kacangan. Sementara kalsium, antara lain yoghurt, keju, jeruk dan susu.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diatas, salah satunya anda bisa konsumsi susu yang diproduksi Dancow secara lengkap dengan beberapa varian produk yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Untuk mendapatkan produk Dancow anda bisa membelinya di toko-toko, minimarket, maupun di apotek terdekat.


No comments:

Post a Comment