Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Cara Melatih Anak Belajar Menulis

Cara Melatih Anak Belajar Menulis

Keterampilan di dalam kegiatan membaca dan juga menuilis adalah modal utama yang sangat penting sekali yang harus dimiliki oleh semua orang di dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu belajar dari usia dini dapat kita lakukan di dalam mendukung keterampilan tersebut, khususnya ketika belajar menulis yang untuk sebagian anak adalah hal yang sangat membosankan. Hal ini dikarenakan duduk terlalu lama dan juga menyalin huruf atau pun menyalin kata ke dalam bentuk adalah hal yang sangat membosankan.

Apalagi jika anak kita adalah anak dengan gaya belajar yang kinestetik yang di dalam belajarnya cenderung tidak dapat diam dalam jangka waktu yang lama, namun sambil bergerak kesana kemari. Jika hal ini terjadi maka sebagai cara di dalam belajar menulis untuk anak harus kita lakukan dengan sekreatif mungkin sehingga akan membuat anak menjadi betah utnuk dapat belajar menulis dengan jangka waktu yang lama.

Usahakanlah harus menulis yang sangat menyenangkan. Kita harus memastikan membuat waktu belajar untuk menulis anak merupakan waktu yang sangat menyenangkan. Misalnya dengan cara membuat pertanyaan yang kemudian bisa dijawab oleh anak dengan menggunakan tulisan di dalam kertas. Buatlah pertanyaan yang lucu yang akan membuat anak akan semakin senang dan juga bersemangat. Buatlah tempat menulis yang khusus. 

Untuk urusan ini misalnya kita dapat membuat ruang atau pun pojok secara khusus di dalam rumah. Disana tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai macam peralatan untuk menulis yang sangat menarik. Supaya anak bisa lebih tertarik usahakanlah antara orang tua juga harus ikut menulis disana sehingga anak akan menjadi lebih bersemangat untuk dapat ikut menulis.

Kita harus membuat tulisan menjadi lebih bermakna. Jika anak kita belajar menulis dengan menggunakan tulisan yang sama setiap waktunya tentu akan membuat anak akan menjadi sanagt bosan. Oleh karena itu kita harus membuat tulisan yang mempunyai makna seperti halnya menulis untuk kartu ucapan terima kasih terhadap orang tua atau pun menulis tokoh kartun yang tentunya sangat disukai oleh anak.

0 comments:

Post a Comment