Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

PROBLEMATIKA KERAGAMAN 
1. Pengertian Pengertian problematika adalah persoalan atau masalah yang belum terpecahkan dan harus diselesaikan. Pengertian Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan yang menyatu dalam berbagai bidang, terutama agama, ras,bangsa, ideologi, budaya (masyarakat yang majemuk). Keragaman menyangkut tentang sikap, tingkah laku, cara-cara, macam, jenis, tata bahasa dan lain sebagainya. 


2. Faktor-Faktor Yang Mendasari Terjadinya Problematika di Suatu Masyarakat Majemuk : 
a. Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok-kelompok yang sering kali memiliki kebudayaan yang berbeda. 
b. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi ke dalam lembaga-lembaga yang bersifat nonkomplementer. 
c. Kurang mengembangkan consensus diantara para anggota masyarakat tentang nilai-nilai sosial yang bersifat dasar. 
d. Secara relative, sering kali terjadi konflik diantara kelompok yang satu dengan yang lainnya. 
e. Integrasi sosial tumbuh karena adanya paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi. f. Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain. 

3. Kajian Masalah 
Keragaman merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh suatu Negara, karena dengan adanya keanekaragaman di suatu bangsa akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehdupan bangsa itu sendiri. Seperti halnya dalam keragaman budaya, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia mempunyai berbagai suku bangsa, bahasa, dan kebiasaan-kebisaan yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Tetapi hal itu tidak menjamin bagi keharmonisan hubungan antara dua kebudayaan atau lebih. Hal ini ditunjukan dengan adanya perpecahan dan pertikaian-pertikaian yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Kecemburuan sosial merupakan salah satu penyebab yang sangat mempengaruhi terhadap problematika yang terjadi, dilihat dari fasenya konflik terjadi akibat adanya dua fase yaitu fase disharmoni dan fase disintegrasi. 

Disharmoni menunjukan pada adanya perbedaan pandangan tentang tujuan, nilai, norma, dan tindakan antar kelompok. Sedangkan Disintegrasi adalah fase dimana sudah tidak dapat lagi disatukan antara pandangan kedua belah pihak, yang meliputi nilai, norma, dan tindakan antar kelompok. Semua perbedaan-perbedaan yang terjadi bukan disebabkan oleh adanya keragaman kebudayaan, tetapi disebabkan oleh adanya kekurang pahaman terhadap nilai, norma, kepercayaan, dan tujuan dari salah satu kelompok yang membawa kebiasaan baru ke tempat dimana kebiasaan yang lama sudah diterapkan dan dianut oleh kelompok kebudayaan pribumi. 

Seperti yang diungkapkan oleh Sutarno (2007), bahwa penyakit antar budaya atau konflik antar kelompok dapat terjadi karena beberapa hal di bawah ini : 
a. Etnosentrisme Adalah kecendrungan untuk menetapkan semua norma dan nilai budaya orang lain dengan standar budayanyasendiri. 
b. Stereotif Adalah pemberian sifat tertentu terhadap seseorang berdasarkan kategori yang bersifat subjektif, karena dia berasal dari kelompok berbeda. 
c. Prasangka Prasangka yaitu suatu sikap emosi yang mengarah pada cara berpikir dan pandangan secara negatif dan tidak melihat fakta yang nyata. 
d. Rasisme Mempunyai artian sebagai salah satu pihak yang tidak dapat menerima atau anti terhadap budaya lain. 
e. Diskriminasi Merupakan tindakan yang membeda-bedakan dan kurang menghargai serta bersahabat dari dari kelompok dominan ke kelompok subordinasinya. 
f. Space Goating Adanya sikap yang mempengaruhi kedua kelompok dengan membeda-membedakan dan menjelek-jelekan keuanya dihadapan kedua kelompok tertentu (kambing hitam). 

4. Cara Memperpersempit Timbulnya Permasalahan Yang Terjadi 
a. Religius 
Setiap orang mempunyai keyakinan terhadap Tuhan dalam agamanya masing-masing, kepercayaan yang dimiliki akan sangat berdampak baik ketika kita menyadari bahwa ajaran ajaran yang kita anut tidak pernah membeda-bedakan tentang persoalaan tersebut. 
b. Nasionlisme 
Dengan adanya sikap nasionalisme yang tinggi akan menumbuhkan rasa kesatuan setiap rakyat, dan memandang perbedaan sebagai suatu rantai yang akan memperkuat pondasi Negara Indonesia. 
c. Pluralisme 
Dalam ilmu sosial, pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi. 
d. Komunikasi 
Komunikasi adalah media untuk menyampaikan suatu aspirasi atau pendapat seseorang maupun kelompok dalam mencapai suatu tujuan. Dengan adanya komunikasi yang baik antar kelompok kebudayaan diharapkan dapat memberikan penjelasan bahwa kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan tidak mengganggu kebiasaan dari kelompok lain dan memberikan pemahaman terhadap arti, makna, dan tujuan yang dilakukan. Sehingga kedua kelompok dapat mengetahui apa yang ada di dalam kebudayaan tersebut.
STACK 
Definisi Stack Stack adalah metode atau teknik dalam menyimpan atau mengambil data ke dan dari memori. Stack dapat diibaratkan sebuah tumpukan dalam suatu tempat yang hanya memiliki satu pintu diatasnya. Kaidah stack adalah First In Last Out atau Last In First Out (LIFO), benda yang terakhir masuk akan menjadi benda yang pertama dikeluarkan. Cara Kerja Stack Stack pada umumnya digunakan untuk menyimpan data atau ekpresi matematis. Selain untuk menyimpan dan mengambil kembali data matematis, stack juga dapat memeriksa apakah ekspresi matematis yang dimasukan sudah sesuai dengan kaidah penulisan matematisnya atau belum, misalnya kekurangan satu tanda kurung, kelebihan tanda matematis dan sebagainya. 


Berikut cara kerja stack : Misalkan kita akan memasukan data “R”,”O”,”M” DAN “A” ke dalam stack. Maka langkah pertama adalah computer akan melakukan pembuatan (CREATE) stack, misalnya untuk 4 lokasi memory. 

1. Pendeklarasian Stack Proses pendeklarasian stack adalah proses pembuatan struktur stack dalam memori. Karena stack dapat direpresentasikan dalam 2 cara, maka pendeklarasian stack pun ada 2 yaitu : 
a. Pendeklarasian stack yang menggunakan array. Suatu stack memiliki beberapa bagian yaitu : 
- Top yang menunjuk posisi data terakhir (top) 
- Elemen yang berisi data yang ada dalam stack. Bagian ini lah yang berbentuk array 
- Maks_elemen yaitu variable yang menunjuk maksimal banyaknya elemen dalam stack. 
b. Pendeklarasian stack yang menggunakan single linked list Adapun stack yang menggunakan single linked list, hanya memerlukan suatu pointer yang menunjuk ke data terakhir (perhatikan proses di halaman sebelumnya). Setiap elemen linked list mempunyai 2 field yaitu elemen datanya dan pointer bawah yang menunjuk posisi terakhir sebelum proses push. Kelebihan dan kekurangan pada Queue Queue memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu : 
a. Kelebihan, data yang terakhir masuk maka akan pertama dilayani. 
b. Kekurangan, data yang pertama masuk, bila waktu pelayanan habis kemungkinan bisa tidak dilayani. 

QUEUE 
Definisi Queue Queue atau antrian sebenarnya juga merupakan suatu list. Salah satu sifat yang membedakan queue dengan stack adalah bahwa pada queue penambahan elemen dilakukan pada salah satu ujung (ujung depan) dan pengambilan dilakukan pada ujung yang lain (ujung belakang) . Dengan demikian queue menggunakan prinsip FIFO (First In First Out), yaitu elemen yang pertama masuk akan pertama kali pula dikeluarkan. Implementasi Queue Implementasi dalam bahasa Pascal dapat dilakukan dengan memanfaatkan struktur data record dan array. Array dipergunakan untuk menyimpan elemen-elemen yang dimasukkan. Selain itu diperlukan pula suatu variabel untuk mencatat banyaknya elemen yang ada di dalam array. Pada implementasi di bawah ini: 
a. Konstanta maxelm menyatakan banyaknya elemen maksimum yang dapat ditampung oleh queue 
b. Typeelemen adalah tipe data yang akan disimpan di dalam queue(bisa integer, word, real, boolean, char , string atau lainya) 
c. Banyak adalah field yang menyatakan banyaknya elemen dalam queue saat itu 
d. Queue diimplementasikan sebagai array linier dengan memandang bahwa elemen terdepan selalu berada pada sel pertama (implementasi fisik), sehingga bila terjadi pengambilan satu elemen maka semua elemen di belakang elemen terambil (bila ada) harus digeser ke depan satu langkah. 

Kelebihan dan kekurangan pada Queue Queue memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu : 
a. Kelebihan, data yang pertama masuk maka akan pertama dilayani. 
b. Kekurangan, data yang terakhir masuk, bila waktu pelayanan habis kemungkinan bisa tidak dilayani.

Dari penjelasan di atas timbul sebuah pertanyaan, yaitu apakah stack dan queue bias digabung ? Untuk Penggabungan sendiri, stack dan queue tidak dapat digabung karena pada prinsip dasarnya kedua ADT tersebut mempunyai konsep yang berbeda. Dimana stack menjalankan suatu perintah dengan mengutamakan data yang terakhir di input, sedangakan queue mengeksekusi dan mengutamakan data yang terakhir di input.
BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan semakin canggih memaksa setiap orang untuk dapat menyesuaikan terhadap perkembangannya. Salah satu perkembangan yang saat ini sangat mempengaruhi terhadap kemajuan hidup umat manusia adalah teknologi informasi. Teknologi seakan menjadi hal yang sangat abstrak sekaligus wajib di zaman sekarang, seolah seperti kebutuhan pokok yang tidak dapat dihindari. Seiring perkembangan yang semakin instan dan kompleks tidak jarang masalah yang timbulpun semakin susah untuk dihindari, salah satunya yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dengan maksimal. Untuk meminimalisasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem dari kemajuan teknologi informasi yaitu komputerisasi.


Komputerisasi sangat bermanfaat dan membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi kita dapat menghemat waktu dan menganalisa data dengan tepat. Selain itu sudah banyak lembaga-lembaga yang sudah menggunakan komputerisasi sebagai sarana utama dalam menyajikan berbagai kebutuhan dan melayani kebutuhan dari calon pengguna. Salah satu lembaga yang sudah memanfaatkan teknologi tersebut adalah Sekolah Tinggi Teknologi Garut, dimana dalam realisasinya sangat membantu para mahasiswa yang membutuhkan informasi tentang sistem yang dan study yang ada di Universitas tersebut. Hal ini sangat diharapkan dapat diterapkan disemua lembaga yang notabenenya memang memerlukan keefisienan dan keefektifan dalam hal apapun. 

B. Rumusan Masalah 
Setiap tindakan pasti tidak akan lepas dari permasalahan, permasalahan merupakan suatu unsur yang harus diselesaikan. Dengan adanya study kasus ini diharapkan permasalahan tersebut dapat terpecahkan, maka dari pada itu penulis akan merumuskan “Bagaimana Cara Pembuatan Program Pembayaran SPP”. 

C. Tujuan dan Manfaat 
Dalam konteks yang disajikan serta hasil dari study ini terdapat sebuah tujuan dan manfaat. 
1. Tujuan 
a. Untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah struktur data 
b. Syarat untuk mendapatkan nilai akhir semester II 
c. Merancang sebuah program dalam suatu aplikasi berbasis java 
d. Membuat dan merealisasikan program aplikasi pembayaran SPP 

2. Manfaat 
a. Dengan adanya program aplikasi pembayaaran SPP, diharapkan dapat membantu pelayanan diberbagai lembaga maupun instansi. 
b. Pembayaran SPP berkaitan dengan materi, maka dari pada itu perlu keakuratan serta keefektifan dalam realisasinya. 
c. Waktu yang efisien sangat diperlukan oleh pengguna. 

D. Metode Pengumpulan Data 
Dalam sistem pengumpulan data penulis menggunakan metode baca dari modul dan browsing dari internet. Selain itu penulis juga mengumpulkan data dari laporan-laporan strata satu (S1) tentang “Sistem Pembayaran SPP”. 

E. Sistematika Penulisan 
Dalam penulisan laporan karya ilmiah ini diharapkan pembaca dan pihak-pihak yang berkepentingan dapaat dengan mudah memahami isi laporan ini. Adapun secara garis besar pembahasan laporan karya ilmiah ini terdiri dari 4 (empat) bab, yatu : 
BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Sistematika Penulisan. 
BAB II LANDASAN TEORI Berisi tentang tinjauan pustaka dan dasar-dasar teori yang berfungsi sebagai landasan teori dalam mewujudkan sebuah sistem informasi perpustakaan diantaranya yaitu; Pengertian program, pengertian pembayaran, pengertian SPP, pengertian Java. 
BAB III PEMBAHASAN Bab ini membahas analisa data dan pengujian kinerja program yang telah dibuat. Penganalisaan menyangkut struktur program. Kinerja program dan mekanisme jalannya program. 
BAB IV PENUTUP Pada bab ini berisi kesimpulan-kesimpulan yang didapat dalam pengembangan sistem dari rumusan masalah-masalah yang dibahas serta saran-saran untuk perbaikan sistem aplikasi, sehingga sistem yang baru bisa lebih baik.


BAB II LANDASAN TEORI
A. Pengertian Java Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan device. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan kedalam p-code dan bias dijalankan dengan Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik. Sekarang ini java sudah menjadi pemrogaman yang popular dan dimanfaatkan ecara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.

B. Pengertian Program Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar menjalankan tindakan tertentu. Tanpa program komputer sesungguhnya tidak dapat dijalankan sepeti yang kita rasakan saat ini. Program adalah salah satu bagian dari beberapa aspek penting dari sebuah komputer, ada tiga aspek penting dalam sistem computer, dimana komponen tersebut adalah sebagai berikut :
1. Perangkat Keras (Hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
3. Perangkat Akal (Brainware) atau pengguna yang mengembangkan dan menjalankan suatu program (user) Program bisa dikatan sebagai salah satu bagian penting pada komputer yang mengatur komputer agar dapat melakukan suatu proses yang diintruksikan oleh pengguna komputer.

C. Pengertian Pembayaran
Istilah pembayaran berarti bahwa kegiatan pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga dan mekanisme yang digunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi (Teguh, 2004). D. Pengertian SPP Pengertian SPP menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2005), dapat diartikan sebagai sumbangan pembinaan pendidikan yang merupakan iuran wajib bagi siswa siswi selama menjalani kegiatan sekolah yang harus di bayarkan setiap bulan demi kelancaran kegiatan sekolah.


BAB III PEMBAHASAN 
A. Sejarah Java Sejarah Java pada mulanya dimulai pada tahun 1991 dimana dalam pertama berdiri diperkasai oleh dibentuknya suatu tim yang diberi nama green. Tim ini dipimpin oleh Patrick Naugthon dan James Gosling (Sekelompok Insinyur Sun). Pada awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat dignakan oleh TV kabel yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda. Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal. Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya inidisebut sebagai Virtuak mesin nmun saat itu belum diumumkan. Akhirnya tim green menggunakan ide tersebut dan akhirnya mereka mnciptakan Java Virtual Mesin, Virtual mesin inilah yang membuat java dapat dijalankan diberbagai platform. 

Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang bernama *7 (Star Seven) namun produk ini gagal dijual di pasaran. Setelah star seven gagal, mereka membuat produk yang baru dan diberi nama Java. Pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “oak”. Pada tahun 1993 sampai pertengahan 1994 tim green yang mempunyai nama baru First Person.Inc hanya menghabiskan waktu dengan memperhatikan penjualan dari produknya. Namun First Person tidak bias diterima di pasaran dan akhirnya pada tahun 1994 dibubarkan. 

B. Struktur Program Java 
Java memilikii struktur program sebagai berikut : //Nama Kelas.java public class NamaKelas { public static void main (String[] args){ //kode program } } Contoh dari program java : public class Degull{ public static void main (String[] args){ System.out.print (“Apa Kabar Degull”); System.out.print (“Jangan Nakal Degull”); }} 

C. Struktur Data Dengan Bahasa Java Struktur data membahas barbagai tipe data dimana tipe data data tersebut biasanya terdiri dari dua jenis tipe data, yaitu tipe data sederhana dan tipe data majemuk. Tipe data sederhana tipe data numeric (integer dan real), tipr data character dan tipe data Boolean. Sedangkan untuk tipe data majemuk terdiri dari statis dan tipe data dinamis. Tipe data statis terdiri dari array dan record (bila menggunakan bahasa pemrograman Pascal), Array dan Struct (bila menggunakan bahasa pemrograman C/C++), Array dan Class (bila menggunakan bahasa Java). 

Sedangkan tipe data dinamis terdiri dari List, Stack, Queue, Graph dan tree. Java terdiri dari kumpulan spasi, komentar, kata kunci, identifier, literal, operator dan pemisah. 

1. Spasi Java adalah bahasa bebas bentuk, tidak memerlukan untuk mengatur tata letak. 
2. Komentar 
a. Komentar Baris Tunggal Diawali dengan tanda // dan diletakan diakhir baris yang diberi komentar. 
b. Komentar Baris Banyak Diawali dengan tanda //* dan ditutup *// semua diantara kedua tanda tersebut diangap komentar dan akan diabaikan oleh compiler. 

3. Kata Kunci Simpanan Keywords adalah identifier khusus yang disimpan oleh Java untuk mengendalikan bagaimana program didenisikan, keywords tidak dapat digunakan sebagai identifier nama suatu variable class dan method. 

4. Separator (Pemisah) 
5. Identifier Identifier digunakan untuk nama class, method, dan variable. Suatu variable dapat berupa urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar ($). Tidak boleh diawali oleh angka dan ersifat case sensitive. 
6. Literal Setiap literal merepresantikan nilai suatu tipe, diamana tipe itu sendiri menjelaskan bagaimana sifat nilai tersebut dan bagaimana penyimpanannya. 

D. Tipe Data 
Java merupakan bahasa Stongly typed language, hal ini berarti setiap variable harus memiliki tipe yang sudah dideklarasikan. Terdapat 8 tipe primitive, 6 diantaranya adalah tipe bilangan (4 tipe integer, 2 tipe floating point). 1 tipe char dan 1 tipe Boolean. 1. Integer 2. Floating Point 3. Char Char menggunakan tanda kutip tunggal untuk menyatakan suatu char. Selain karakter bebas (escape ‘\u’) yang menyatakan karakter Unicode, di Java terdapat juga : 4. Boolean Tipe Boolean memiliki nilai true dan false, tipe ini digunakan untuk logical testing dengan menggunakan operator relasional. 

E. Operator 
1. Assignment Operator (=) 
2. Bitwise Operator 
3. Unary Operator 
4. Arithmatic Operator 
5. Relational Operator 
6. Logical Operator 

F. Pernyatan, Ekspresi dan Variabel Pernyataan adalah perintah yang menyebabkan sesuatu tejadi dan merepresentasikan aksi tunggal dalam program java. Setiap pernyataan ditutup oleh karakter semicolon (:). Pernyataan dikelompokan dengan tanda pembuka { dan penutup }. Ekspresi adalah pernyataan yang dapat menghasilkan suatu nilai, nilai yang dihasilkan disebut dengan return value (nilai balik) bisa berupa bilangan, boolean, atau objek. Method tanpa nilai balik biasanya menggunakan keywords void. Variabel digunakan untuk menyimpan suatu informasi (nilai) yang dapat diubah dimanapun di dalam program. Bahasa pemrograman java mendefinisikan delapan tipe data primitive, diantaranya adalah boolean, char, byte, short, int, double and float (floating point). 

G. Aplikasi Yang Digunakan 
1. IDE Netbeans IDE Netbeans merupakan salah satu aplikasi untuk mrnjalankan program dengan bahasa pemrograman Java. 

H. Program Pembayaran SPP 
1. Listing Program Pembayaran SPP package tugas_akhir_sd; import java.util.Scanner; public class TUGAS_AKHIR_SD { static int kode,bayar,total; static int benar=0,salah=1; static int username,password; //static int []bil=null; static String nis,nama,alamat,kelas,jk,jurusan,bulan,kembali; public static void main(String[] args) { Scanner masukan=new Scanner(System.in); System.out.println("**Masukkan User Name dan Password**"); System.out.print("User Name = "); username=masukan.nextInt(); System.out.print("Password = "); password=masukan.nextInt(); if (username==123&&password==123) { System.out.print("\nLoggin Success!!!\n"); System.out.print("Selamat, Anda dapat mengakses program ini ^_^\n"); benar = 1; } else { if (salah == 1000) { System.out.print("Selamat, Anda Berhasil Masuk Program Setelah Mengulangi 1000x ^_^\n"); salah = 0; } else { System.out.print("\nPassword Error \n"); System.out.print("Maaf, Anda tidak dapat mengakses program ini !!!\n"); salah++; System.out.print("");return; } } int pilih; do {System.out.println("----------------------------------------------------"); System.out.println("\t\t MENU UTAMA"); System.out.println("\t\t **INFORMASI PEMBAYARAN SISWA**"); System.out.println("----------------------------------------------------"); System.out.println(" 1. Data Siswa"); System.out.println(" 2. Transaksi SPP"); System.out.println(" 3. Hasil Transaksi"); System.out.println(" 4. Keluar"); System.out.print(" Masukan pilihan : "); pilih = masukan.nextInt(); switch (pilih){ case 1 : datasiswa();break; case 2 : transaksispp();break; case 3 : hasiltransaksi();break; case 4 : keluar();break; default : System.out.println("Nomor yang Anda Masukan Salah!!!"); } } while (pilih!=4);} private static void datasiswa(){ Scanner masukan=new Scanner(System.in); System.out.println("\t\t **DATA SISWA**"); System.out.println("========================================="); System.out.print("Nomor Induk Siswa : "); nis=masukan.next(); System.out.print("Masukkan Nama Anda : "); nama=masukan.next(); System.out.print("Masukkan Alamat Anda : "); alamat=masukan.next(); System.out.print("Jenis Kelamin(L/P) : "); jk=masukan.next(); System.out.print("Kelas X/XI/XII : "); kelas=masukan.next(); System.out.print("Jurusan MM/PTL/BC/TGB/GP : "); jurusan=masukan.next(); } private static void transaksispp(){ Scanner masukan=new Scanner(System.in); System.out.println("\t\t **TRANSAKSI SPP**"); System.out.println("========================================"); System.out.print(" Pembayaran Bulan : "); bulan=masukan.next(); System.out.println(" Pembayaran perbulan : Rp.150.000,00"); System.out.print("Pembayaran Sebesar : "); bayar=masukan.nextInt(); total=bayar-150000; } private static void hasiltransaksi(){ System.out.println("\t\t **HASIL TRANSAKSI**"); System.out.println("========================================"); System.out.println("Nomor Induk Siswa : "+nis); System.out.println("Masukkan Nama Anda : "+nama); System.out.println("Masukkan Alamat Anda : "+alamat); System.out.println("Jenis Kelamin : "+jk); System.out.println("Kelas : "+kelas); System.out.println("Jurusan : "+jurusan); System.out.println("Pembayaran perbbulan : Rp.150.000,00"); System.out.println("Pembayaran SPP Sebesar: Rp."+bayar); System.out.println("Pembayaran Bulan : "+bulan); System.out.println("Kembalian : "+total); } private static void keluar(){ System.out.println("**Terima Kasih Sudah Membayar SPP ^_^**"); System.out.println("_________________________________________"); System.exit(0); } } 2. Output Program Pembayaran SPP Hasil dari listing yang berada di atas adalah sebagai berikut : BAB 

IV PRNUTUP 
A. Kesimpulan 
Java merupakan bahasa pemrograman yang multi platform, karena program ini dapat dijalankan diberbagai operating system. Program java merupakan kumpulan intruksi yang diberikan untuk menghasilkan suatu output dari program yang akan dibuat, dimana dalam aplikasinya diatur oleh fasilitas yang sudah disediakan oleh java itu sendiri. Dengan memanfaatkan program java tersebut penulis dapat membuat suatu program tentang pembayaran SPP. 

B. Saran 
Dari laporan ini penulis sadar masih banyak kekurangan yang masih harus diperbaiki dan dilengkapi serta kepastian dari data yang penulis baca. Maka dari pada itu sangat diharapkan bagi pembaca dan yang berkepentingan tentang program pembayaran SPP ini untuk memberikan masukan serta saran dalam sistem penulisan maupun keakuratan dan kesempurnaan dari program yang penulis buat.