Jelajah dunia dengan ilmu dan pengetahuan

Cara hidup sehat seorang muslim

Berbicara sehat maka semua orang pasti menginginkannya, sebab bila tubuh dalam keadaan sakit menjadikan semua kegiatan yang biasa kita lakukan menjadi terhambat dan membuat tidak enak rasanya terutama dalam hal menjalankan ibadah. Sebagai muslim yang baik tentunya harus turut menjaga dan wajib selalu sehat agar bisa menjalankan ibaha sesuai dengan perintah-Nya, adapun contoh yang di perlihatkan Rasul dalam kesehariannya guna menjaga tubuh sehat bisa menjadi acuan kita agar bisa terus memiliki tubuh yang sehat.

 Cara hidup sehat yang mesti dilakukan seorang muslim sebagaimana yang di perlihatkan Rasul, diantaranya:
  1. Tidak menunda nunda istirahat tidur
Menunda kebiasaan tidur merupakan kebiasaan yang harus dihindari, sebab ini akan menjadikan kondisi tubuh seseorang bisa kurang baik karena kebutuhan istirahat tubuh tudak terpenuhi, sebagaimana yang dicontohkan rasul dalam hal mengatur tidurnya adalah dengan cepat untuk istirahat tidur dan juga cepat bangun. Dengan lebih awal bangun di pagi hari tepatnya pada saat shubuh, maka menjadikan kita bisa mendapatkan asupan oksigen yang banyak dan segar, berbeda dengan yang melebihi waktu shubuh bangun tidurnya akan merasa tidak nyaman.
  1. Rutin berpuasa
Puasa merupakan suatu perintah wajib dan juga ada yang sunnah, dalam prakteknya memang menjaga agar tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Di sisi lain tubuh membutuhkan nutrisi yang baik, tetapi malah harus tidak masuk, dalam perkembangannya para ilmuan menemukan hal menarik terkait ini, dimana dengan berpuasa menjadikan organ pencernaan lebih bagus ketimbang sering digunakan untuk mencerna makanan.
  1. Mengkonsumsi madu
Madu alternatif yang bagus untuk memberikan tubuh menjadi sehat dan kuat, sebagaimana dengan yag dilakukan rasul, dalam menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi madu. Salah satu produk yang memberikan manfaat madu ini terdapat pada nestle.
  1. Menjaga lingkungan agar bersih
Lingkungan yang ada di sekitar kita mestinya harus terjaga dan bersih, sehingga bisa mendapatkan dampak yang bagus untuk tubuh dan kehidupan kita.
Cara hidup sehat untuk muslim yang tepat ini bisa dijadikan sebagai acuan mendapatkan kesehatan tubuh kita.

No comments:

Post a Comment